TAUHID : BUKTI (7)

Wujud manusia tidaklah bersumber dari dirinya sendiri, demikian pula kualitas-kualitas yang dimilikinya tidak muncul dari kehendaknya sendiri. Tidak pula perjalanan hidupnya, yang bermula sejak saat pertama keberadaan, berada dalam kontrolnya; tidak pula dia bisa menganggap bahwa sistem ini merupakan suatu kejadian yang bersifat acak, atau bahwa eksistensinya dan sistemnya muncul dari lingkungan asal-usulnya. Wujud dari lingkungan ini dan sistem yang mengaturnya bukan produk dari lingkungannya. Mereka tidak muncul secara kebetulan.

Dengan demikian kita tidak punya pilihan lain selain mengukuhkan maujudnya satu sumber penciptaan yang menciptakan dan memelihara semua hal. Dia-lah yang menganugerahkan wujud kepada semua wujud dan kemudian membimbingnya ke arah kesempurnaannya sendiri yang khas melalui satu sistem yang khusus.

Karena kita melihat satu sistem tunggal di alam semesta ini di mana makhluk-makhluk diciptakan dalam keadaan saling bergantung maka kita mesti menyimpulkan bahwa Sumber penciptaan yang mewujudkan sistem ini adalah Satu.

Allah Tabaroka wa Ta’ala berfirman:

لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلَّا اللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

[٢١:٢٢]

“Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah langit dan bumi telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang Mempunyai Arasy daripada apa yang mereka sifatkan.” (QS 21 (AL-ANBIYA):22)

Allah tabaroka wa ta’aalaa berfirman:

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ ۗ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

[٤١:٥٣]

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka ayat-ayat Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa ini adalah kebenaran. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup bahwa sesungguhnya Dia Menyaksikan segala sesuatu?” (QS 41 (FUSHSHILAT):53)

 

 

Disadur dari ‘Allamah Sayyid Muhammad Husain Thabatha’I, “Inilah Islam”, Cetakan Kedua, Pustaka Hidayah, 1996, hal. 55-56.