Tauhid For Teens, Bukti (9p): Tentang KeIndahanNya

Keindahan pemandangan atau hal-hal yang bisa dilihat tidak lain adalah kebaikan atau kesempurnaan yang ada dalam hal-hal yang terlihat/visible tersebut, sehingga kehadiran dan eksistensi pandangan terhadap hal-hal yang terlihat/visible tersebut diinginkan subyek yang melihat.

Contoh keindahan ini adalah: pemandangan di taman anggrek yang teramat indah ataupun lukisan-lukisan yang indah. Keindahan musikal adalah kebaikan yang ada dalam hal-hal yang didengar tersebut, sehingga kehadiran dan eksistensi pendengaran terhadap hal-hal yang audible (dapat didengar) tersebut diinginkan subyek yang mendengar.

Contoh keindahan audible adalah: kata-kata bersyair yang enak didengar, musik-musik karya agung para seniman besar, gemericik suara air terjun dan kicau burung di pagi hari. Keindahan ruhaniah adalah memiliki pengertian yang selaras dengan dua keindahan sebelumnya, yakni sesuatu yang menyebabkan kehadiran dan eksistensi suatu hal diinginkan oleh subyek yang “melihat atau memahami”. Dari sudut pandang ini, jelas keindahan adalah segi-segi kebaikan; yakni, bahwa kebaikan adalah ia yang diinginkan segala sesuatu.

Lebih lanjut, karena Dia adalah kebaikan murni(khayrun mahdhun) , adalah mesti bahwa karena keindahan adalah salah satu segi kebaikan, Tuhan Yang Maha Tinggi adalah juga Keindahan Murni (jamalun mahdhun). Maka Tuhan adalah Keindahan yang KeindahanNya tidak tersentuh ketidakindahan apa pun.

Perlu dicatat, bahwa KeindahanNya bukanlah keindahan yang terlihat/visible dan bukan pula keindahan yang terdengar/audible, karena Ia tidaklah tersentuh oleh penglihatan apa pun dan tidaklah tersentuh oleh pendengaran apa pun. Tidak! KeindahanNya adalah Keindahan Murni yang tidak tersentuh oleh indera lahir dan batin mana pun, namun segala keindahan dalam semesta tiada lain hanyalah bayang-bayang KeindahanNya. Maha Suci Ia Yang hanya PenglihatanNya dan PandanganNya yang mampu menatap Hakikat keindahanNya yang terpancar dalam semesta ciptaanNya!

bukti9p_gb1“Dari Abu Abdillah as.Beliau berkata: Amirul mukmininas.berkata: sesungguhnya Allahitu Indah (dan) mencintai yang indah, dan mencintai melihat jejak nikmat(Nya) atas hambaNya. “ [1]



Comments

  1. Mieke G says:

    “Allaahu jamiil, yuhibbul jamaal” – hanya ini yang dapat saya baca, sisanya tebak-tebakan. Alhamdulillah,menyenangkan sekali kehadiran link ini; ada kesempatan belajar. Terima kasih banyak kepada pengelola beserta “barisan-barisannya”

  2. Indigo and violet are very similar colors, and it can be easy to confuse them. For the purposes of this article, let’s just think of indigo as “dark purple” and violet as “light purple.”

  3. “And all product is available 90 percent of the time with no minimums, which is huge for designers,” Wilkerson said.

Submit a Comment